Berita

    Wajib Tahu! Tanda Booster Rem Mobil Rusak

    Seperti yang diketahui, mobil adalah salah satu kendaraan yang telah digunakan oleh banyak orang. Meski begitu, hal ini tidak dibarengi dengan kesadaran untuk melakukan perawatan sehingga menimbulkan mobil itu tidak awet karena adanya kerusakan, salah satunya booster rem mobil yang rusak.

    Sebagai informasi, booster rem adalah komponen tambahan di sistem pengereman pada mobil. Dari semua kendaraan mobil yang beredar sekarang, hampir seluruhnya memiliki booster rem di dalamnya.

    Dengan adanya booster rem ini, pengendara mobil tidak perlu lagi harus menginjak rem sekuat dan sedalam mungkin. Dengan begitu, komponen ini berfungsi untuk membantu memberikan keringanan pada pengemudi saat menginjak rem.

    Ketika booster rem mobil mengalami kerusakan, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Mulai dari kerasnya pedal rem yang diinjak sampai dengan kurang pakemnya rem tersebut yang sering disebut sebagai rem blong.

    Gejala Booster Rem Mobil Rusak

    Membicarakan tentang booster rem pada mobil rusak, ada beberapa gejala yang menunjukkannya. Gejala-gejala itu bisa ditunjukkan dari apa yang terjadi saat Anda mengoperasikan rem pada mobil.Berikut ini adalah 3 gejalanya:

    • Pedal Rem Menjadi Keras

    Menjadi salah satu gejala yang paling umum dan banyak diketahui, ketika booster rem mobil rusak, pedal rem akan menjadi keras sehingga susah untuk diinjak. 

    Efek dari gejala ini adalah tekanan oli pada master rem berkurang bahkan tidak ada sama sekali sehingga rem pun lama-kelamaan akan menjadi blong.

    • Mesin Mobil Susah Stabil

    Ketika booster rem mobil mengalami kerusakan berupa kebocoran, maka intake manifoldnya pun akan mengalami kebocoran. Hal ini menimbulkan selang kevakuman tidak bekerja maksimal sehingga mesin mobil akhirnya menjadi susah untuk bisa stabil.

    • Ada Suara Desis Saat Rem Digunakan

    Salah satu gejala booster rem mobil rusak adalah adanya suara desis saat rem digunakan. Gejala ini umumnya terjadi saat selang kevakuman mengalami kebocoran sehingga ada udara yang keluar dari selang tersebut. 

    • Penyebab Booster Rem Mobil Rusak
    Pexels

    Meskipun booster rem pada mobil menjadi rusak merupakan suatu hal yang jarang terjadi, karena kemajuan teknologi otomotif yang semakin berkembang. Namun, bukan berarti Anda menjadi tidak waspada dengan hal-hal yang bisa menjadi penyebabnya.