Berita

    Ketahui Fungsi Spion Tengah Mobil

    Pengguna mobil pasti tahu betul bahwa di bagian tengah kaca depan ada spion. Spion tengah mobil ini bukan hanya sekadar aksesoris tapi punya fungsi penting yang mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. Apa saja fungsinya? 

    Apa Itu Spion Tengah Mobil?

    Mari berkenalan dulu dengan jenis spion yang satu ini. Spion itu sendiri merupakan cermin yang dipasang di mobil untuk keperluan melihat kondisi sekitar. Ada beberapa titik yang dipasangi spion dan salah satunya di bagian tengah kaca depan mobil. 

    Spion ini dibuat dengan memakai cermin yang berbentuk cembung. Tujuannya agar cermin tersebut bisa menangkap dan memberikan pantulan objek berjarak jauh dengan jelas. 

    Saat berkendara, spion ini memang digunakan untuk melihat objek yang jaraknya tidak dekat. Jadi dibutuhkan jenis cermin yang tepat sehingga objek tersebut lebih mudah untuk dilihat. 

    Fungsi Spion Tengah Mobil

    Tentunya setiap jenis komponen pada mobil punya fungsi masing-masing. Bahkan untuk kaca spion yang ada di bagian tengah mobil dan sering dianggap sepele. Berikut adalah beberapa fungsinya:

    • Mengamati Lalu Lintas di Belakang

    Fungsi utama dari spion ini adalah untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang mobil. Saat berkendara, Anda harus melihat kondisi lalu lintas di sekitar. Tidak hanya di depan, kanan, dan kiri, namun juga lalu lintas di bagian belakang. 

    Tentu sulit jika pengendara harus melihat langsung dengan menolehkan kepala. Selain itu hal ini juga akan berbahaya. Itulah mengapa dipasang spion di bagian tengah depan supaya pengemudi bisa lebih mudah melihat area belakang mobil. 

    • Mengawasi Risiko Bahaya

    Spion ini juga bisa membantu mengawasi risiko bahaya yang mungkin menimpa Anda saat berkendara. Ada banyak sekali bentuk tindak kriminal yang mengancam para pengendara di zaman sekarang. 

    Bisa dilihat ada banyak orang jahat yang menjalankan modus membuntuti korban lalu menjalankan aksinya di jalanan sepi. Spion tengah ini bisa membantu Anda mengawasi adanya kendaraan mencurigakan sehingga bisa lebih berhati-hati. 

    • Mencegah Tabrakan

    Kaca kecil ini ternyata punya fungsi yang sangat besar. Salah satunya adalah mencegah tabrakan atau kecelakaan di jalan raya. Apalagi saat pengendara ingin pindah jalur mobil.

    Saat akan pindah jalur, pengendara bisa melajukan mobilnya dengan aman dan tidak menabrak pengendara lain karena bisa melihat lewat spion. Jadi Anda juga tidak akan berpindah jalur sembarangan karena ada kontrol melalui spion tengah. 

    • Mempermudah Parkir