Berita

    Tips Melakukan Perjalanan Mudik Malam Hari

    Selain pada siang hari, malam hari juga merupakan waktu favorit yang dipilih oleh para pemudik untuk melakukan perjalanan. Alasannya selain terhindar dari terik matahari, mudik malam hari juga cenderung memiliki kondisi lalu lintas yang lebih sepi.

    Melakukan perjalanan di malam hari tentu memiliki risiko yang lebih besar, seperti jarak pandang yang terbatas dan kondisi tubuh untuk waktu tidur.

    Jusri Pulubuhu, Instruktur sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan, "Risiko terjadinya kecelakaan jauh lebih besar di malam hari."

    Namun, mudik di malam hari sah-sah saja asalkan lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih mempersiapkan kondisi tubuh dan juga kendaraan kamu. Nah, berikut ini tips persiapan mudik di malam hari agar perjalanan tetap aman sampai tujuan.

            1. Atur waktu tidur

    Jika biasanya kamu beraktivitas dari pagi sampai sore dan waktu tidur adalah malam hari, maka kamu harus ubah pola seperti itu. Persiapkan diri untuk tidur siang yang cukup dari beberapa hari sebelum berangkat agar terbiasa beraktivitas dan mengemudi di malam hari.

            2. Tingkatkan Kewaspadaan dan atur kecepatan

    Berkendara di malam hari tentu berbeda dengan siang hari, berkendara malam hari memiliki visibilitas yang kurang. Meningkatkan kewaspadaan yaitu dengan menjaga jarak aman berkendara dan lebih mengantisipasi blind spot di sekitar mobil kamu.

    Atur kecepatan mobil kamu untuk lebih mengantisipasi kemungkinan berbahaya karena jarak pandang yang kurang di malam hari. 

            3. Cek dan bersihkan kaca lampu mobil

    Berkendara malam hari tanpa lampu bagaikan berkendara secara buta, maka dari itu periksa lampu-lampu di mobil, pastikan lampu utama jauh dekat, sein, rem, semuanya berfungsi normal.

    Bersihkan juga kaca lampu untuk mendapatkan sinar yang lebih terang, lampu yang kotor akan menghalangi sinar lampu di mobil kamu.

            4. Bersihkan Kaca depan

    Bersihkan kaca bagian depan lebih bersih dan cemerlang, Kaca yang kotor membuat jarak pandang di malam hari lebih terganggu.

            5. Cek kondisi karet wiper

    Hal ini juga sama seperti membersihkan kaca namun akan berdampak jika hujan turun dengan kondisi karet wiper yang sudah rusak.

    Karet wiper yang sudah payah dan tidak bisa menyapu dengan bersih dapat mengurangi jarak pandang mengemudi di malam hari. Cahaya yang masuk akan pecah dan mengganggu visibilitas.