Berita

    Penyebab Lampu Rem Mati dan Cara Memperbaikinya

    Keberadaan berbagai macam lampu pada mobil, sangat bermanfaat bagi pengemudi dan pengendara lain. Misalnya saja lampu rem yang dapat menandakan jika mobil sedang dalam posisi pengereman.

    Saat lampu ini mati, maka bisa menjadi masalah serius, karena dapat mengurangi kemampuan kendaraan Anda untuk memberitahu pengendara di belakang. Kondisi ini harus segera Anda perbaiki supaya keselamatan berkendara juga terjamin.

    4 Masalah Lampu Rem Mobil Mati

    Ada beberapa masalah umum yang membuat lampu pada rem mengalami kerusakan atau bahkan mati. Tenang saja, masalah ini sangat bisa diatasi! Namun sebelum itu, Anda perlu mengenali beberapa penyebab berikut ini:

    • Bohlam Terbakar

    Penyebab paling umum masalah ini adalah bohlam lampu yang terbakar, putus ataupun rusak. Hal ini karena penggunaan yang cukup berat atau sudah lama tidak diganti.

    Penggunaan berat antara lain karena Anda sering sekali menginjak rem. Sehingga bohlam juga harus terus menerus menyala selama injakan rem masih berlangsung. Maka dari itu, jika tidak diperlukan sebaiknya jangan terlalu sering menginjak rem.

    Cara mengatasinya tentu saja dengan melakukan penggantian bohlam terbaru. Anda bisa mengganti dengan lampu LED yang lebih awet supaya tidak mudah terbakar atau putus.

    • Saklar Lampu Rusak

    Masalah kedua bisa Anda temukan pada saklar yang merupakan komponen untuk mengontrol aktivasi lampu saat Anda mengerem. Jika saklar ini rusak, lampu mungkin tidak menyala. Periksa dan ganti saklar lampu indikator rem jika perlu. 

    Namun bisa juga bukan karena adanya kerusakan. Ada saklar yang kotor dan perlu dibersihkan untuk menjalankan fungsinya kembali. Tenang saja, ini bukan masalah besar untuk para teknisi mobil ya!

    Freepik
    • Soket Bermasalah

    Setelah Anda memeriksa keadaan bohlam lampu rem dan tidak ditemukan masalah, maka beralihlah ke soket lampu. 

    Soket lampu adalah komponen yang berfungsi sebagai konektor antara lampu (baik lampu pijar atau LED) dan sistem kelistrikan mobil. 

    Soket ini memungkinkan arus listrik mengalir dari sistem kelistrikan mobil ke lampu indikator rem, yang kemudian akan menyala ketika Anda mengerem. 

    Jika Anda mengalami masalah dengan lampu indikator rem yang tidak menyala, periksa juga kondisi soket.