Berita

    Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

    Masalah mobil matic cukup bervariasi. Hal ini cukup merepotkan jika masalah-masalah tersebut terjadi dalam satu waktu.  Jika Anda merupakan salah satu pengguna mobil matic, maka lebih baik ketahui masalah-masalah yang berpotensi tersebut!

    Memang apa saja masalah-masalahnya? Untuk mengetahuinya, lebih baik jangan melewatkan pembahasan menarik dalam informasi berikut!

    6 Masalah Mobil Matic, Wajib Tahu!

    Mobil matic memang memiliki beberapa keunggulan, seperti mudah dikendarai dan lebih praktis. Tapi, Anda juga perlu mengetahui berbagai potensi masalah pada mobil matic. Beberapa masalah yang dapat Anda alami ketika mengemudikan mobil matic adalah:

    • Bahan Bakar Mobil Lebih Boros

    Mobil dengan transmisi otomatis memang terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang boros. Namun, tentu brand mobil terbaik tidak akan terlalu menghabiskan bahan bakar.

    Jadi, apabila Anda mengalami keborosan bahan bakar tidak wajar berarti ada gangguan pada mobil Anda. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya pemakaian mobil matic cukup untuk wilayah dalam kota atau jarak dekat saja.

    • Kebocoran Oli Transmisi

    Masalah mobil matic berikutnya adalah adanya kebocoran oli transmisi yang diakibatkan oleh beberapa hal. Misal, pengemudi jarang mengganti oli secara rutin dan pemakaian mobil dengan tidak baik.

     

    oli bocor

    iStock

    Untuk menghindari masalah ini terjadi pada mobil matic Anda, maka wajib untuk melakukan servis rutin dan mengendarai mobil dengan tepat.

    • Perpindahan Gigi Tidak Mulus

    Perpindahan transmisi gigi yang tidak mulus menjadi masalah para pemilik mobil matic lainnya. Anda dapat mendeteksi masalah ini dengan mudah, misal ketika memasukkan gigi dan menginjak pedal gas.

    Biasanya, jika perpindahan gigi masih cukup mulus dan tidak begitu sulit maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, sebaliknya jika Anda perlu bekerja keras memindahkan gigi pada mobil matic maka wajib untuk memeriksakan keadaan mobil Anda.

    • Sering Terjadi Gangguan pada Medan Tanjakan

    Pengemudi mobil matic wajib bersiap jika terdapat masalah gangguan mobil ketika dibawa ke medan tanjakan. Mobil matic yang berusia tua dan tidak rutin servis akan sering mengalami gangguan ini.

    Kebocoran di ruang pembakaran menjadi salah satu penyebab masalah mobil matic yang dapat Anda cegah. Misal, hindari membawa beban berat ketika jalan di medan menanjak serta rutin untuk melakukan servis mobil.

    • Getaran Mobil Tidak Wajar

    Salah satu masalah pada mobil matic yang perlu Anda waspadai adalah getaran mobil yang tidak wajar atau kasar. Pemakaian rutin mobil dengan transmisi otomatis akan menimbulkan penurunan performa.

    Maka dari itu, jika getaran mobil yang Anda rasakan tidak wajar seperti menimbulkan efek merinding, disarankan Anda untuk segera memeriksakannya.

    • Rawan Terjadi Slip

    Terakhir adalah waspada rawan terjadi slip, yang mana sebenarnya tidak hanya dapat dialami oleh mobil matic. Mobil dengan transmisi manual juga berpotensi mengalami hal ini.

    Kasus mobil slip biasanya terjadi karena sistem transmisi jenis step T pindah dari gigi 1 ke gigi 2. Biasanya, masalah ini muncul ketika Anda sedang mengendarai mobil. Maka dari itu, Anda wajib untuk mewaspadainya.

    Kesimpulannya, masalah mobil matic dapat berpotensi terjadi apabila Anda tidak memerhatikan kondisi mobil. Selain itu, tingkat masalah pada mobil matic juga tentunya berbeda-beda sesuai dengan tingkat penggunaan.