Berita

    Ini Penyebab Air Radiator Cepat Habis

    Air radiator merupakan salah komponen penting yang berperan untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Jika Anda merasa air radiator cepat habis, ini dapat mengakibatkan mesin mengalami overheat dan kenyamanan perjalanan Anda menjadi terganggu.

    Maka dari itu, penting untuk mencari tahu penyebab air radiator berkurang pada kendaraan mobil Anda. Sehingga, nantinya bisa segera Anda tindaklanjuti agar tidak mengakibatkan masalah yang fatal.

    Penyebab Air Radiator Cepat Habis

    Ada berbagai faktor mengapa air radiator mobil semakin berkurang yang mengakibatkan suhu mesin mobil menjadi tidak stabil. Apa saja itu? Berikut poin-poinnya!

    • Tekanan Radiator Melemah

    Tekanan tutup radiator yang sudah melemah merupakan salah satu penyebab berkurangnya air radiator. Hal ini terjadi karena kerusakan pada karet bagian penutup radiator yang membuat air radiator tersebut cepat habis dari biasanya.

    Karena fungsi tutupnya yang melemah, tentu akan membuat air radiator habis dan mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat sebelum pressure valve terbuka. 

    Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

    • Water Pump Bocor

    Water pump atau pompa air adalah komponen yang bekerja untuk memompa dan menjadi sirkulasi air di dalam mesin mobil. Jikan bagian komponen ini rusak, maka akan menyebabkan volume air radiator menurun drastis.

    Water Pump BocorFreepik.com

    Kebocoran ini akan menyebabkan air yang mengalir cukup deras dan membuat air radiator cepat habis. Jika hal ini dibiarkan, maka akan membuat masalah mesin mengalami overheating lebih parah.

    • Sirip Radiator Bocor

    Selain bagian water pump yang bocor, penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat kebocoran pada bagian sirip radiator. Kebocoran ini biasanya tidak akan mudah terlihat karena sudah mengering atau menguap sebelum air menetes.

    Meski begitu, kebocoran ini dapat Anda perhatikan melalui tanda kondisi busi yang basah atau oli mesin yang tercampur dengan air. 

    Jika tanda-tanda tersebut muncul pada mobil Anda, maka sebaiknya lakukan pengecekan ke bengkel terdekat untuk segera melakukan perbaikan.

    • Tutup Pembuangan Tidak Rapat

    Pada bagian pembuangan air radiator terdapat penutup yang jika tidak ditutup rapat akan menyebabkan masalah. Kesalahan dalam menutup bagian ini akan membuat tutup radiator rembes atau menetes.

    Masalah ini memang bukan hal yang fatal tapi bisa menyebabkan air radiator cepat terkuras. Maka dari itu penting untuk selalu melakukan perawatan dan memastikan radiator Anda tetap bekerja dengan optimal setiap mobil digunakan.

    • Kerusakan pada Selang Radiator

    Selang radiator adalah komponen pada sistem pendingin mesin yang berfungsi untuk mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke mesin, begitupun sebaliknya. 

    Jika terjadi kerusakan pada bagian komponen ini, maka cairan pendingin akan keluar dari sistem yang membuat mesin menjadi overheating.

    Gejala dari kerusakan selang radiator bisa Anda lihat seperti cairan pendingin yang keluar dari sistem di sekitar selang radiator. Akibatnya, mesin tidak dapat bekerja dengan optimal sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

    Itulah penjelasan terkait apa saja penyebab dari air radiator cepat habis. Secara umum, masalah ini sering terjadi akibat terjadinya kebocoran dari bagian komponen tersebut.

    Sekiranya hal ini perlu Anda pahami untuk segera melakukan perbaikan dengan langkah yang tepat. Jika Anda pernah mengalami masalah seperti ini, maka segera kunjungi bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan dan air radiator berfungsi seperti sedia kala.