Berita

    Ketahuilah, Ini Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

    Memiliki mobil prima memang merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan oleh pemilik kendaraan. Untuk menjaga performa maka pemilik kendaraan harus rutin untuk merawat agar kondisinya selalu optimal. Meski demikian, tetap saja ada beberapa komponen kendaraan yang fungsinya berkurang karena umur sehingga membuat tarikan mobil terasa berat

    Lantas apa saja yang menyebabkan tarikan mobil menjadi berat? Berikut adalah beberapa penyebabnya

    • Kampas Kopling Sudah Menipis

    Kampas kopling yang sudah tipis membuat cengkramannya pada flywheel kurang kuat. Kondisi ini bisa terjadi baik pada mobil bertransmisi manual dan otomatis, namun kasus pada transmisi manual lebih banyak terjadi.

    Secara umum, kondisi kampas rem yang menipis tersebut membuat fungsi kampas ganda kopling menjadi selip sehingga tarikan mobil terasa berat. Kondisi ini bisa diperparah dengan gejala lain seperti getaran yang muncul dari bawah mobil saat sedang berjalan.

    Bila kondisi ini sudah terjadi maka sebaiknya mengganti plat kopling mobil yang baru kalau memang sudah menipis. Patut diketahui bahwa membiarkan kampas kopling yang sudah menipis bisa membuat kerusakan pada flywheel dan pressure plate.

    • Bearing Roda Terganggu

    Fungsi utama dari bearing roda adalah sebagai bantalan kepada steering knuckle. Namun fungsi ini bisa terganggu bila pelumasan tidak memadai sehingga membuat roda menjadi seret dan beban mobil jauh lebih berat. Kondisi ini akan mengeluarkan bunyi tidak lazim saat mobil digunakan sehingga kenyamanan berkendara akan terganggu.

    • Cengkraman Rem Terlalu Kuat

    Rem yang pakem memang sebuah keharusan, tetap bila cengkraman rem sudah berlebihan tentu akan menjadi merugikan. Kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab mobil menjadi lebih berat khususnya pada mobil dengan sistem pengereman tromol. Hal ini umumnya disebabkan penyetelan yang terlalu kuat. Solusinya pun cukup sederhana yaitu dengan menyetel ulang rem tersebut.

    • Transmisi Bermasalah

    Kerusakan pada transmisi mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab tarikan mobil terasa berat. Kerusakan seperti adanya salah satu plat gigi  tiba-tiba terhimpit atau menempel dengan yang lainnya akan membuat proses perpindahan gigi menjadi terhambat. Kondisi tersebut akan menyebabkan posisi gigi tetap bertahan meski sudah diusulkan untuk diganti. Bila kondisi ini terjadi, segera pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

    • Turbo Vane Macet