Berita

    Tampil Keren! Mengenal Bahan untuk Plafon Mobil

    Plafon mobil kerap luput dari perhatian sehingga jarang ada yang memodifikasi bagian ini kecuali jika telah kotor atau rusak. Ternyata, bahan materialnya tidak hanya terdiri dari satu macam, tapi memiliki banyak varian bahan. 

    Dengan pemilihan material yang tepat, interior mobil akan terlihat lebih keren dan elegan sekaligus mampu memberikan kenyamanan. Sebenarnya, apa saja material plafon untuk mobil tersebut dan bagaimana cara memilihnya? Berikut informasinya!

    Plafon Mobil: Jenis Bahan, Keunggulan, dan Kelemahannya

    Setiap material mampu memberikan kesan yang berbeda pada plafon kendaraan Anda.Selain fabric, sintetik, dan kulit asli, ternyata masih ada material lainnya yang jarang diketahui. Berikut informasi selengkapnya terkait berbagai macam material plafon pada mobil:

    • Beludru

    Anda bisa menggunakan bahan beludru yang terbuat dari serat katun, rayon, atau sutra saat berencana memodifikasi plafon. Keunggulan bahan ini adalah  membuat tampilan interior mobil terkesan elegan dan glamor. 

    Bahannya yang tebal membuat nyaman saat berada di kabin mobil. Hanya saja, bahan beludru ini harganya yang relatif mahal, tergantung dari tingkat ketebalan bahannya. Selain itu, pilihan warnanya juga mencolok seperti merah muda, oranye, dan ungu. 

    • Kulit Sintetis

    Bahan material kedua terbuat dari kulit sintetis yang jadi favoritnya banyak pemilik kendaraan. Pasalnya, kulit sintetis memiliki aneka pilihan warna, lebih fleksibel, serta harganya yang ramah di kantong. 

    Selain itu, bahan ini kualitasnya sangat bagus dan mudah dibersihkan karena memiliki daya serap yang tinggi, tahan panas, memiliki ketebalan yang ideal, tidak mudah pecah-pecah, serta nyaman saat disentuh. 

    Menariknya lagi, kulit sintetis tidak hanya bisa digunakan untuk modifikasi plafon saja, tetapi juga bisa digunakan untuk seluruh bagian interior mobil. 

    • Leather

    Bahan plafon mobil yang ketiga terbuat dari leather atau kulit asli dengan berbagai keunggulan. Leather bisa membuat suhu mobil lebih cepat dingin saat AC dinyalakan. 

    Teksturnya kuat dan lebih awet, serta semakin lama usia pakainya maka permukaan kulitnya akan semakin bagus dan lembut. 

    Hanya saja, bahan ini membutuhkan perawatan intensif seperti mengolesinya dengan pelembap yang mengandung bahan  lanolin waxy cream. Warnanya juga cepat pudar dan mudah rusak jika terpapar panas secara terus-menerus.

    • Suede

    Bahan yang keempat adalah suede, merupakan bahan pelapis yang kerap diaplikasikan pada mobil premium dan mobil sport

    Suede unggul dalam hal kelembutan dan tahan terhadap panas, tidak mudah terbakar, serta memiliki pilihan warna yang kalem. 

    Hanya saja, harga suede lebih mahal dibanding bahan plafon lainnya dan membutuhkan perawatan ekstra saat akan membersihkannya karena diperlukan alat khusus seperti vacum cleaner. 

    • Fabric

    Bahan plafon untuk mobil yang terakhir adalah fabric, merupakan bahan yang terbuat dari gabungan kain, katun, dan kanvas. Keunggulan bahan ini adalah harganya yang sangat terjangkau, awet, dan tahan banting pada berbagai cuaca ekstrim. 

    Sayangnya, Anda harus sering membersihkan plafon berbahan fabric dengan cara menyikatnya tanpa menggunakan air karena bahan ini lebih mudah dalam menyerap air dan debu. 

    Tips Memilih Material Plafon untuk Mobil 

    Tips Memilih Material yang Tepat untuk Plafon Mobil

    Setelah memahami setiap jenis bahan materialnya, saatnya untuk menentukan bahan mana yang paling tepat untuk plafon kendaraan Anda, yaitu dengan cara: 

    • Memilih bahan material yang ringan namun kuat, mudah dipasang, dan yang sesuai dengan desain interior mobil;

    • Memilih bahan yang sifatnya tahan terhadap air dan anti jamur guna mencegah timbulnya kerusakan dan bau yang tak sedap akibat kelembapan;

    • Memilih bahan plafon yang tahan terhadap panas dan mampu meredam suara dari luar serta tahan terhadap sinar UV.  

    Dengan memahami berbagai jenis bahan material tersebut, Anda bisa memiliki gambaran bahan seperti apa yang cocok untuk dipasang di plafon otomotif pribadi.

    Meskipun demikian, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik mobil atau tenaga ahli sebelum memodifikasi plafon! Jangan lupa lakukan booking service di bengkel atau dealer resmi Suzuki agar mendapatkan jadwal pasti tanpa lama mengantri!