Berita

    Ketahui Apa Itu Spooring dan Balancing

    Spooring & balancing adalah salah satu rangkaian untuk perawatan mobil. Tujuannya supaya mobil jadi lebih nyaman digunakan, karena performancenya prima. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan mobil yang satu ini. 

    Namun sebelum itu, apa sih sebenarnya fungsi melakukan spooring dan juga balancing? Anda harus mengetahui arti dan manfaatnya. Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

    Pahami Tanda-tanda Spooring & Balancing

    Dua hal ini sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Anda perlu melakukan perawatan yang terpisah untuk hal tersebut. 

    Spooring misalnya, adalah sebuah perawatan mobil yang bertujuan untuk menyesuaikan roda mobil agar masih tetap sama seperti setelah pabrik. Hal ini penting, mengingat roda mobil bisa sedikit berbeda kedudukannya. Apalagi pada bagian depannya.

    Sementara itu, balancing sendiri adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk menyesuaikan berat keseluruhan dari roda mobil agar seimbang. Tidak terlalu ke kiri atau ke kanan. Hal ini terjadi karena sebelumnya mobil Anda mengganti ban atau juga velg. Selain itu hal lain adalah saat sudah masuk ke kilometer tertentu. 

    Alasan Pentingnya Perawatan Kaki Mobil

    Ada beberapa alasan yang mendasari, mengapa Anda perlu melakukan perawatan seperti spooring serta balancing. Tentu saja hal ini untuk keselamatan Anda sendiri.

            1. Agar Setir Tidak Bergetar

    Pertama adalah supaya setir mobil Anda tidak bergetar saat digunakan. Terutama ketika Anda sedang melajukan mobil dengan kecepatan  di atas 60 kilometer per jam.

    Setir yang bergetar dapat membahayakan laju kendaraan Anda. bahkan Anda bisa kehilangan konsentrasi setelah mendapati hal ini.

            2. Supaya Mudah dalam Melakukan Kontrol Mobil 

    Mobil yang jarang melakukan spooring, bisa sangat susah dikontrol. Seperti setirnya yang berat hingga proses mengemudi pun terganggu.

    Kontrol terhadap mobil akan kembali setelah melakukan spooring dan balancing di bengkel. Setir Anda pun akan merasa lebih ringan.

            3. Supaya Kaki Mobil Tidak Rusak

    Manfaat perawatan ini sebenarnya adalah untuk mencegah adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil. Sebab, komponen di kaki mobil begitu penting untuk perjalanan Anda. Apabila terganggu, perjalanan Anda pun bisa jadi akan bermasalah.

            4. Agar Kendaraan Lebih Stabil

    Terakhir adalah supaya mobil Anda jadi lebih stabil. Balancing akan membuat kendaraan Anda jadi nyaman digunakan, meski berada di kecepatan tinggi sekaligus.