Berita

    Kenali Penyebab Mobil Distarter Bunyi Tek Tek

    Mobil distarter bunyi tek tek merupakan suatu kendala yang kemungkinan besar pernah dialami oleh pengendara. Biasanya masalah ini terjadi ketika mobil diparkir dalam jangka waktu yang panjang. 

    Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat membawa mobil ke bengkel servis resmi. Namun sebelum itu, Anda sebaiknya mengetahui beberapa penyebab bunyi tek tek tersebut saat mobil distarter. Nah, berikut adalah penjelasannya!

    9 Penyebab Mobil Distarter Bunyi Tek Tek

    Entah mobil matic maupun manual, keduanya sudah pasti pernah mendapati mobil tidak mampu distarter, namun lampunya masih menyala. Ingin tahu penyebab kendala satu ini? Langsung saja ikuti penjelasannya berikut:

    • Kondisi Aki Mulai Tekor

    Pemicu ketidaknyalaan mobil susahnya starter sehingga menimbulkan bunyi tek tek bisa dipicu oleh tekornya kondisi aki. Umumnya, aki terasa tidak mampu untuk starter. Penyebab dasarnya sendiri dikarenakan habis atau berkurangnya setrum aki. 

    • Kendala pada Timing Belt

    Komponen satu ini memiliki fungsi sebagai penjaga piston dan katup agar tidak bersentuhan satu sama lain. Apabila timing belt memiliki kendala, maka bisa menyebabkan mobil distarter bunyi tek tek.

    • Korosi Busi

    Busi adalah komponen pengapian mesin yang berfungsi sebagai pemantik bahan bakar serta udara lewat performa piston. Jika korosi melanda busi, maka proses pengapian mesin akan terhambat sehingga menyulitkan starter.

    • Kendala pada Relay dan Dinamo Starter

    Dinamo starter adalah komponen yang berperan pertama kali untuk memutar mesin supaya mesin gampang dihidupkan saat starter. Sedangkan relay berperan menyalakan dinamo. Jika dinamo starter terkendala, mobil tidak akan mampu untuk distarter.

    • Kelonggaran pada Dinamo Starter

    Selain rusaknya dinamo, kelonggarannya pun dapat memicu bunyi tek tek saat mobil distarter. Intinya, komponen satu ini sangat berpengaruh pada performa starter mobil Anda. 

    • Kerusakan Alternator

    Penyebab mobil mengeluarkan bunyi tek tek saat distarter dapat dipicu oleh kerusakan pada alternator. Nah, fungsi alternator sendiri yakni mengisi setrum aki supaya kebutuhan sumber listrik terpenuhi ketika kondisi mesin hidup. 

    • Oli Belum Naik

    Pemicu mengapa mobil distarter bunyi tek tek bisa juga dikarenakan oleh belum naiknya oli ke mesin. Dengan demikian, bagian atas mesin menjadi kering, sehingga ia tidak mampu bekerja optimal.