Berita

    Hal yang Harus Dihindari Saat Istirahat di Rest Area

    Hampir 80 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2022 dan 40 juta di antaranya memilih menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentunya berpotensi menimbulkan kemacetan di jalan tol dan juga kepadatan pengunjung di rest area tol. Arus mudik yang begitu membludak ini diakibatkan dari sudah dua tahunnya tradisi ini absen di Indonesia akibat pandemi.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama berada di jalan tol. Pertama jangan sekali kali beristirahat menggunakan bahu jalan tol. Karena keberadaan bahu jalan tol untuk keadaan darurat.

    Karena sering ditemukan kebiasaan memilih beristirahat di bahu jalan yang berada di bawah jembatan yang melintas di jalan tol, merasa teduh dan tidak kepanasan. Selain itu, ada peraturan baru tentang mudik kali ini. Dimana tidak boleh beristirahat terlalu lama di Rest Area untuk memecah kemacetan.

    PT Jasa Marga (Persero) menyampaikan bahwa untuk mudik Lebaran 2022 ini, masyarakat hanya diperbolehkan maksimal beristirahat di rest area dengan waktu 30 menit.

    Lalu, hal-hal apa saja yang harus dihindari saat beristirahat di rest area? Berikut adalah ulasannya:

            1. Jangan Meninggalkan Barang Sembarangan

    Ponsel, kamera, dompet hingga laptop adalah barang-barang penting selama perjalanan. Alat-alat tersebut bisa menunjang komunikasi hingga dokumentasi perjalanan kalian Jika tidak ingin kehilangan momen, jagalah dengan baik barang-barang tersebut.

    Saat di rest area, jangan tinggalkan barang-barang berharga kalian. Ada baiknya kalian membawa barang-barang tersebut atau menaruhnya di tempat yang sangat aman. Jangan tinggalkan barang-barang tersebut di dalam mobil tanpa pengamanan. Jika tidak pergi sendiri, kalian bisa bergantian menjaga barang-barang tersebut.

            2. Jangan Mencari Tempat Iitrahat yang Sepi

    Saat berada di rest area, carilah tempat yang aman untuk beristirahat. Ada masjid hingga bangku-bangku berpayung di rest area yang dapat menjadi tempat beristirahat kalian.

    Kalian dapat beristirahat di tempat-tempat tersebut. Jangan memilih tempat yang sepi atau jauh dari keramaian. Jika sesuatu tak menyenangkan terjadi, akan lebih sulit meminta bantuan kala berada di tempat sepi. Jadi perhatikan sekeliling saat ingin beristirahat.

            3. Jangan Berbelanja Terlalu Banyak

    Kini rest area mulai dipenuhi dengan mini market, sentra oleh-oleh, hingga outlet pakaian. Pilihannya pun bermacam-macam, tak jarang kalian tergoda untuk berbelanja banyak.