Berita

    Fungsi Karburator Mobil & Cara Kerjanya

    Ada banyak komponen penting yang dimiliki oleh mobil Anda. Salah satunya adalah karburator yang dikenal sebagai penggerak piston. Mari berkenalan lebih jauh dengan karburator mobil, mulai dari fungsi hingga cara kerjanya di mobil Anda. 

    Fungsi Karburator Mobil

    Karburator ini biasa juga disebut dengan nama karbu. Komponen ini bisa Anda temukan di bagian mesin bensin. Tugas utamanya adalah mencampurkan udara dengan bahan bakar sehingga bisa dialirkan ke silinder. 

    Pencampuran udara dengan bahan bakar tersebut dilakukan dengan perbandingan tertentu. Nantinya bahan bakar bisa dialirkan sesuai kebutuhan mesin sehingga mesin bisa bekerja dan mobil pun bisa berjalan. 

    Secara umum, fungsi dari karburator ini memang untuk melakukan tahap pengabutan. Komponen ini akan mencampur bahan bakar dengan udara di sebuah tempat yang disebut air bleeder

    Dari air bleeder ini kemudian akan muncul pengabutan yang halus sehingga bisa masuk ke silinder dengan lancar. Fungsi yang dijalankan oleh karburator ini kemudian membuat konsumsi bahan bakar oleh mobil jadi jauh lebih hemat. 

    Cara Kerja Karburator

    Setelah memahami apa fungsi dari karburator mobil, Anda perlu mengenal dengan baik cara kerjanya. Tentu setiap jenis komponen mobil memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan karburator ini?

    Karburator pada mobil menggunakan sistem kerja Bernoulli. Prinsipnya adalah mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Prinsip inilah yang membedakan karburator pada mobil dengan karburator sepeda motor. 

    Saat mesin mobil dinyalakan, maka piston akan melakukan gerakan maju dan mundur. Jika mobil kemudian digerakkan mundur maka karburator akan menghisap udara di bagian depan lalu menyebabkan bahan bakar dan udara terhisap otomatis. 

    Setelah itu, pemantik akan menyala dan terjadilah proses pembakaran. Pembakaran ini akan terjadi di bagian ruang mesin yang kemudian menyebabkan posisi piston terdorong. 

    Jika gas mobil ditekan semakin besar, kerja piston tentu saja akan bertambah kuat. Hal ini disebabkan oleh kerja karburator yang juga semakin kuat dalam menghisap bahan bakar juga udara. 

    Perawatan Karburator

    Perlu dipahami bahwa karburator ini menjalankan fungsi yang sangat penting bagi sebuah mobil. Harganya pun tidak bisa dibilang murah. Oleh sebab itu, Anda harus merawat komponen ini dengan sebaik mungkin.