Berita

    Bukan Cuman Pemanis, Ini Fungsi Tow Bar Sesungguhnya

    Kenali Dulu Yuk, Apa Itu Tow Bar?

    Anda pengguna mobil SUV tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah ini. Crankshaft atau tow bar adalah alat yang membentuk bagian penting dari pengaturan penarik yang ada pada mobil, biasa digunakan sebagai alat untuk menderek kendaraan lain atau beban.

    Sebagian besar berbentuk batang baja tebal yang menempel pada bagian bawah rangka kendaraan yang digunakan menderek, ujung lainnya berupa seperti bola yang akan terhubung ke penerima derek sebagai pelengkap sistem penghubung tersebut. 

    Alat ini memiliki keunggulan tersendiri karena digunakan pada trailer atau mobil yang juga memiliki roda sehingga mudah menggunakannya.

    Jenis Tow Bar

    Alat ini tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran, bentuk, dan desain. Namun kesamaannya adalah cara pemasangannya yaitu di bagian bawah rangka kendaraan penarik.

    Umumnya ada beberapa jenis yang dapat Anda pilih yang beredar di pasaran, diantaranya:

    • Flange 

    Jenis ini dibuat dengan 2 atau 4 baut ke pelat flange, kemudian pelat flange dipasang pada bagian bawah kendaraan. Namun jenis seperti ini dinilai sebagai desain yang kurang bagus karena baut dan komponen lainnya terlihat sangat jelas.

    • Swan Neck 

    Jenis ini dipasang langsung ke bagian bawah kendaraan Anda dan menggunakan desain seperti ‘leher angsa’ untuk menawarkan tampilan yang tidak mengganggu dan terlihat simple.

    • Fixed 

    Sesuai namanya, jenis ini tidak dapat mudah dilepas dari kendaraan Anda. Jenis ini tersedia dalam bentuk flange ataupun swan neck.

    • Detachable 

    Ini merupakan jenis yang memudahkan Anda untuk melepas pasang dari kendaraan karena menggunakan kunci tersendiri. Jenis ini juga tersedia dalam bentuk flange ataupun swan neck.

    Lalu, Apa Saja Fungsinya?

    Alat ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan yang ada pada mobil, maka dari itu, pastikan Anda memahami terlebih dahulu apa saja fungsinya. 

    • Tumpuan pengait mobil derek

    Fungsi utama dari alat ini yaitu sebagai titik tumpu yang digunakan mobil penderek untuk menarik beban, dalam hal ini bisa berupa kendaraaan lain atau beban. Saat mobil penderek akan mengangkut beban, pastikan terlebih dahulu beban yang akan diderek menempel dengan kuat pada kerangka mobil, terutama untuk beban yang sangat berat. Sebisa mungkin pastikan beban yang akan ditarik oleh mobil Anda tidak memiliki berat lebih dari 85% dari berat kendaraan Anda, hal tersebut berkaitan dengan keamanan.

    • Sebagai dudukan sepeda