Berita

    Tanda-Tanda Mobil Anda Perlu Dibawa ke Bengkel

    Bagi Anda para pemilik mobil, sudahkah melakukan servis secara rutin? Melakukan servis rutin merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Anda selalu membawanya ke bengkel mobil kepercayaan agar dapat dilakukan pengecekan secara menyeluruh. 

    Jangan sampai Anda mengabaikan tanda-tanda bahwa mobil sudah harus diservis karena hanya akan mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal bahkan dapat membahayakan keselamatan. 

    Kenali Tanda Mobil Harus Dibawa ke Bengkel Mobil

    Terdapat banyak sekali tanda pada mobil yang menunjukkan bahwa Anda harus segera memeriksakannya ke bengkel. Berikut ini ulasannya!

    • Nyala pada Lampu Indikator Mesin 

    Tanda pertama dan paling jelas yaitu pada saat lampu indikator mesin telah menyala. Ini menjadi pertanda bahwa Anda perlu memberikan perhatian khusus. Karena hal ini menunjukkan bahwa adanya masalah pada sistem mesin. 

    Sekalipun terkadang beberapa lampu indikator ini menandakan masalah minor, namun hal ini juga dapat menunjukkan masalah serius. Sehingga tak ada salahnya untuk segera membawanya ke bengkel mobil

    • Munculnya Suara Bising pada Mesin

    Apabila saat Anda menyalakan mesin dan mendengar suara asing seperti ketukan, gemuruh, atau bahkan suara seperti peluit dari dalam mesin, hal ini dapat menjadi pertanda adanya masalah pada mesin mobil Anda. 

    Bahkan munculnya suara yang tidak biasa ini dapat menunjukkan adanya kerusakan pada komponen internal mesin misalnya piston atau bearing. Jika sudah seperti ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel agar kerusakannya tidak semakin parah. 

    • Mobil Sulit untuk Dinyalakan

    Pernahkan Anda mendapati mobil sulit  untuk dinyalakan? Hal ini bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem pembakaran, baterai atau mungkin komponen lainnya. 

    Atau mungkin mesin mobil mati secara tiba-tiba di tengah jalan saat sedang melaju, hal ini tentu sangat membahayakan Anda dan pengendara lainnya. 

    • Adanya Getaran yang Tidak Biasa

    Jika Anda merasakan getaran yang dirasa aneh pada mobil saat sedang dinyalakan, itu bisa menjadi sebuah pertanda adanya masalah pada sistem kaki-kaki mobil. 

    Di antaranya adalah ban yang aus atau tidak seimbang sehingga menghasilkan getaran yang mengganggu. Hal ini tentu mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. 

    • Timbulnya Bau yang Tak Biasa

    Selain munculnya getaran yang tak biasa, tanda lain yang bisa Anda temui adalah munculnya bau yang tidak biasa dari bawah kap mobil.

    timbulnya bau pada mobilFreepik.com

    Bau seperti bau terbakar yang kuat dapat menjadi tanda adanya masalah yang cukup serius pada mesin mobil. 

    • Masalah pada Transmisi

    Jika ada kesulitan saat mengganti gigi mobil, seperti gesekan yang tidak biasa, biasanya hal ini menjadi pertanda bahwa ada masalah pada sistem transmisi mobil Anda. Jika sudah seperti ini, wajib bagi Anda untuk membawanya ke bengkel mobil

    • Penggunaan Bahan Bakar Berlebih

    Jika Anda mendapati penggunaan bahan bakar mobil menjadi lebih boros, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pembakarannya. 

    Tanda yang mendukung ang tidak berfungsi, injektor yang tersumbat, hingga tekanan bahan bakar yang rendah. 

    • Oli Merembes

    Tanda terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah jika Anda mendapati adanya rembesan atau tetesan oli yang keluar di bagian bawah mobil Anda. Ini bisa jadi karena adanya masalah kebocoran pada sistem bahan bakar.