Berita

    Simak Fungsi & Cara Memperbaiki Lampu Sein Pada Mobil

    Lampu sein mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk kendaraan. Setiap mobil pada dasarnya dibekali dengan 4 lampu sein yang berada di kanan, kiri, depan serta bagian belakang mobil.

    Untuk bagian depan, umumnya lampu sein ada di atas lampu mobil, namun sekarang berada di kaca spion. Ketika dinyalakan, lampu akan menyala bersamaan di kiri saja maupun kanan saja. Lampu sein memiliki fungsi utama sebagai tanda mobil akan berbelok. 

    Ketika Anda ingin berbelok ke kanan, Anda harus menyalakan lampu sein di arah kanan. Tujuan utama mengapa lampu ini dinyalakan adalah sebagai penanda mobil akan berbelok. Oleh sebab itu lampu sein memiliki peran yang penting agar tidak terjadi kecelakaan saat mobil berbelok. 

    Fungsi Dari Lampu Sein Mobil

    Lampu sein mobil memiliki berbagai macam fungsi, berikut fungsinya selengkapnya:

            1. Memberi isyarat untuk pindah jalur

    lampu sein mempunyai fungsi memberi isyarat bagi pengemudi lain ketika akan berpindah jalur. Umumnya, jalur yang terlihat banyak pengendara berpindah jalur ialah jalan tol. 

    Saat Anda ingin berpindah jalur, pastikan kembali menyalakan lampu sein terlebih dulu. Dengan menyalakan lampu sein, otomatis Anda sudah memberikan informasi pada pengemudi lain yang berada di bagian belakang agar tidak menyalip. 

    Lampu sein juga dapat dijadikan sebagai isyarat untuk pengemudi yang berada di bagian depan sehingga dapat mempertahankan kecepatan serta tidak berpindah jalur. Sehingga penggunaan lampu sein saat berpindah jalur dapat berjalan dengan baik. 

            2. Memberi tanda ketika akan menyalip

    Fungsi lampu sein yang berikutnya adalah ketika ingin menyalip kendaraan yang berada di bagian depan, sehingga kendaraan di bagian belakang dapat berhati-hati. 

    Menyalip kendaraan lain menjadi hal yang umum dilakukan karena mobil di depan terlalu lambat atau berbagai alasan lain. Lampu sein yang dinyalakan akan memberi isyarat sehingga Anda dapat menyalip serta melaju lebih kencang. 

    Dengan lampu sein, pengendara di bagian depan dapat mengetahui maksud yang Anda miliki serta akan mempertahankan bahkan menurunkan kecepatan mobil mereka. 

            3. Memberi tanda untuk kendaraan yang berasal dari arah berlawanan

    Apakah Anda pernah melihat mobil depan menyalakan lampu sein mobil kanan namun mereka tidak menyalib? Hal tersebut disebabkan karena lampu sein tidak hanya memiliki fungsi untuk menyalip saja.