Berita

    Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Harus Anda Diketahui

    Saat ini, asuransi merupakan topik pembicaraan yang sering dibahas banyak orang, karena mereka semakin peduli terhadap aset berharganya. Salah satu topik yang penting untuk diketahui yaitu berbagai jenis asuransi mobil.

    Salah satu cara melindungi mobil dari berbagai risiko yaitu dengan menggunakan asuransi. Jangan lewatkan pembahasan menarik dalam artikel ini dan mari mengenal lebih lanjut tentang pilihan asuransi yang dapat digunakan untuk mobil Anda!

    Mengenal Jenis Asuransi Mobil

    Secara umum, asuransi mobil dapat diartikan sebagai sebuah perlindungan finansial terhadap berbagai risiko terkait kepemilikan dan penggunaan mobil. Misalnya, risiko kerusakan, kecelakaan, atau kehilangan mobil karena tindak kejahatan.

    Ada berbagai jenis asuransi yang dapat Anda pilih, berikut merupakan 5 jenis yang cukup umum digunakan.

    • Asuransi All Risk

    Pertama, ada asuransi all risk yang memungkinkan Anda akan diberikan perlindungan secara penuh atau menyeluruh. Jika terjadi kerusakan pada mobil, baik dalam skala kecil maupun besar, maka Anda akan mendapatkan pembiayaan secara total.

    Untuk dapat mengklaim jenis asuransi ini, maka Anda perlu memenuhi syarat tertentu yang diberikan oleh pihak jasa asuransi.

    Karena ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dari asuransi ini, maka premi yang perlu dibayarkan juga terbilang cukup besar.

    • Asuransi TLO atau Total Loss Only

    Asuransi Total Loss Only atau TLO merupakan layanan perlindungan terhadap risiko kehilangan atau kerusakan secara total. Asuransi ini hanya bisa memberikan ganti rugi jika sebuah mobil tidak dapat diperbaiki lagi.

    Pexels.com

    Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh kecelakaan yang cukup besar. Selain itu, bisa juga karena kehilangan atau kerusakan mobil yang disebabkan oleh tindakan kejahatan.

    • Polis Komprehensif

    Selanjutnya, ada jenis asuransi polis komprehensif yang dapat memberikan perlindungan atas berbagai jenis risiko ketika menggunakan mobil.

    Risiko yang dimaksud dalam hal ini meliputi kerusakan, kehilangan, kecelakaan, dan berbagai tanggung jawab hukum sesuai dengan kesepakatan asuransinya.

    Dengan menggunakan jenis asuransi ini, maka Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya, misalnya layanan darurat, perbaikan mobil, bahkan penggantian mobil jika tidak dapat diperbaiki lagi.

    Namun, jika dilihat dari segi biaya atau premi yang harus dibayar, maka asuransi ini terbilang cukup mahal. Perlu dilakukan berbagai pertimbangan jika akan mengambil polis komprehensif ini.

    • Asuransi Pertanggungan Risiko Pribadi (Personal Injury Protection)

    Jenis asuransi mobil yang keempat yaitu  pertanggungan risiko pribadi. Asuransi ini akan memberikan perlindungan atas berbagai risiko dalam penggunaan mobil, namun hanya berlaku pada pemilik mobilnya.

    Maka dari itu, asuransi ini dapat digunakan untuk orang yang ingin melindungi diri dari berbagai risiko penggunaan serta kepemilikan mobil.

    Sebagai contoh, jika terjadi kecelakaan, maka perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan khusus bagi pengemudi, serta bisa juga memberikan kompensasi tambahan untuk pengemudi dan penumpang mobil.

    • Tanggung Jawab Pihak Ketiga (Third Party Liability)

    Selanjutnya, ada asuransi tanggung jawab pihak ketiga yang dapat memberikan perlindungan ketika pengguna mobil menyebabkan telah menyebabkan kerusakan pada mobil lain, atau membuat orang lain cedera.

    Jenis asuransi ini termasuk ganti rugi yang perlu dibayarkan dan biaya hukum yang perlu dikeluarkan atas tuntutan dari pihak ketiga.

    Namun, asuransi ini tidak bertanggung jawab untuk risiko terhadap mobil itu sendiri, misalnya jika terjadi kecelakaan, kerusakan, serta kehilangan.

    Itulah penjelasan tentang asuransi mobil yang sebaiknya diketahui, sehingga dapat lebih matang ketika memilih jenis yang akan digunakan. 

    Pada dasarnya, asuransi mobil menjadi penting karena dapat memberikan keringanan, perlindungan, kemudahan, dan keamanan bagi pemilik mobil dalam menghadapi berbagai risiko. Ada baiknya hal ini sudah dipikirkan sejak awal membeli mobil.