Berita

    Lakukan 6 Cara Ini Akan Membuat WFH Kamu Semakin Efektif

    Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi kebiasaan baru para pekerja, setelah Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Transformasi yang terjadi mengharuskan para pekerja mau tidak mau harus produktif melakukan pekerjaan dari rumah.

    Setelah penyesuain yang cukup para pekerja justru merasa lebih nyaman bekerja dari rumah atau WFH. Banyak pekerja lebih menikmati WFH karena waktu kerja lebih fleksibel. Selain itu, mereka bisa bekerja sambil merawat buah hati mereka.

    Meskipun demikian, tak sedikit pekerja yang mengaku lebih ribet melakukan WFH, karena mereka juga harus merawat anaknya. Ini sangat tidak produktif. Meskipun demikian, kondisi saat ini membuat mereka tetap harus bertahan dan akhirnya menikmatinya. 

    WFH yang terjadi hampir dua tahun ini, sangat terbantu dengan kemajuan dunia digital dan internet yang massif, dimana semua dapat berinteraksi secara virtual melalui laptop atau smartphonenya. Hal ini patut disyukuri karena membantu banyak orang tetap produktif walaupun interaksi kerjanya, hanya melalui dunia maya.

    Terkait dengan itu, apa saja faktor pendukung yang bisa membuat seorang pekerja dapat tetap bekerja secara efektif dan produktif pada masa WFH?

    1. Pastikan Jaringan Internet Stabil

    Satu-satunya perangkat pendukung pada masa WFH adalah jaringan internet yang stabil. Hal ini penting, karena semua pekerjaan memanfaatkan jaringan internet. Mulai dari virtual meeting, pengiriman laporan kerja hingga aktivitas kantor lainnya.

    Berkaitan dengan ini, bandwidth internet yang dipakai harus sesuai dengan kebutuhan. Apalagi anak-anak juga menggunakan akses internet yang sama untuk melakukan sekolah online. Bila bandwidth anda rendah otomatis akan mengganggu panggilan video atau lainnya sehingga, satu-satunya jalan adalah mematikan program atau aplikasi lain untuk kelancaran meeting atau kerja online lainnya.

    2. Pakai Aplikasi Berbasis Cloud

    Aktivitas WFH juga perlu didukung aplikasi yang stabil. Perangkat lunak yang memiliki daya jangkau tinggi bisa menjadi pilihan agar tidak menghambat WFH anda. Pastikan perangkat yang digunakan tepat. Untuk pilihan aplikasi dalam WFH, Anda bisa menggunakan aplikasi yang memiliki kestabilan yang baik seperti Slack, Microsoft Team, Skype, Zoom, atau GoToMeeting.

    Bagi mereka yang berprofesi sebagai akuntan, bisa menggunakan software akuntansi terpercaya dengan basis cloud, seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pembukuan dan pencatatan transaksi dalam bisnis.