Berita

    Cara Membersihkan dan Merawat Lampu Mobil Agar Awet

    Terdapat beberapa jenis lampu mobil yang memiliki fungsinya masing-masing. Semua fungsi tersebut sangat berkaitan dengan aspek keamanan dalam berkendara, sehingga menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan.

    Jika lampunya mulai buram, maka kualitas dari cahayanya akan berkurang. Hal ini bisa jadi berbahaya untuk perjalanan Anda. Bahkan lampu yang rusak juga bisa membahayakan pengguna jalan lain.

    Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan lampu menjadi buram. Sebagai contoh, lampu kemasukan debu, terlalu sering terpapar sinar matahari, lubang angin tersumbat, dan kemasukan angin atau embun.

    Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil

    Biasanya, lampu pada mobil dilindungi oleh bahan mika. Jika telah melewati masa lima tahun, biasanya warna mika jadi mulai buram atau menguning. Inilah yang membuat kualitas cahaya lampu juga jadi menurun.

    Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat membersihkan bagian mikanya. Cara membersihkannya adalah dengan melepas mika lampu, lalu menggosoknya dengan memakai cairan pembersih khusus.

    Anda bisa menggosoknya dengan kain atau busa, sehingga bagian yang buram bisa menjadi terkelupas dan kaca kembali bening. Berbagai baret ringan juga bisa dihilangkan ketika melakukan pembersihan ini.

    • Tips Merawat Lampu pada Mobil

    Supaya bisa mencegah buramnya lampu pada mobil Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Simak dan ikuti tips berikut ini supaya lampu pada mobil tetap terawat dengan baik dan dapat digunakan dengan aman sesuai fungsinya.

    • Pilih dan Pakai Lampu yang Tepat

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih lampu yang tepat. Penting untuk Anda memilih jenis lampu yang sesuai dengan kapasitas dari mobil Anda, jangan sampai daya lampu terlalu besar atau kecil.

    Dengan demikian, daya bisa diserap secara optimal serta aliran listriknya akan lancar. Lampu pun bisa menjadi lebih awet dan tidak mudah buram. Jika daya yang dipilih tidak sesuai kapasitas mobil, bisa membuat lampu menjadi berisiko mengalami konslet atau putus.

    • Pakai Bohlam Berkualitas

    Selain memilih lampu mobil yang tepat, sebaiknya Anda juga memilih bohlam lampu yang berkualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga miring, pastikan betul bahwa Anda memakai bohlam yang standar dan terjamin kualitasnya.

    • Kebersihan Kap Mobil Perlu Terus Diperhatikan

    Aspek selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan dari mobil Anda, terlebih bagian sekitar lampu-lampunya. Sebagai contoh, bagian kap mobil, kotornya bagian ini bisa membuat kotoran atau debu masuk ke lampu depan.