Berita

    Cara dan Tips Membeli Mobil Bekas yang Benar

    Membeli mobil bekas bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau. Namun membeli mobil second juga tidak boleh sembarangan sebab Anda bisa saja menghabiskan lebih banyak uang untuk perbaikan mobil. Agar tidak kecewa yuk, simak tips membeli mobil bekas berikut ini.

    1. Pilih Harga dengan Teliti

    Ketika memilih mobil, pastikan Anda membeli mobil sesuai budget yang Anda miliki. Perkirakan berapa harga mobil yang ingin Anda beli. Jangan tergiur dengan merek dan spesifikasi bagus yang ditawarkan, namun harganya tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki. 

    Pasalnya, kondisi mobil bekas tidak seperti mobil baru yang sudah pasti seluruh mesin dan bodi dalam keadaan baik. Di samping Anda membeli, Anda juga perlu budget untuk melakukan perbaikan.

    Selain itu, harap berhati-hati dengan harga mobil yang terlalu murah. Sebab dikhawatirkan mobil tersebut merupakan mobil curian atau mobil yang terkena banjir. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa membawa orang yang pandai menilai kendaraan untuk membantu Anda memilih mobil bekas yang tepat.

    2. Periksa Kelengkapan Dokumen

    Tips beli mobil bekas berikutnya yaitu Anda perlu memeriksa kelengkapan dokumen mobil tersebut. Memeriksa surat-surat kendaraan termasuk salah satu hal wajib yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui spesifikasi dan tahun pembuatan mobil.

    Periksa mulai dari plat nomor, nomor rangka, dan mesin apakah sesuai atau tidak dengan STNK dan BPKB. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah mobil menunggak pajak atau tidak. Tidak hanya itu, dengan cara ini Anda juga dapat mengetahui apakah mobil tersebut mobil curian atau bukan.

    Melalui plat nomor juga Anda bisa mengetahui apakah mobil tergolong tua atau tidak.

    3. Cek Riwayat Kendaraan

    Selain dokumen kendaraan, cara beli mobil bekas selanjutnya yaitu Anda juga perlu mengecek riwayat servis kendaraan yang akan Anda beli.

    Anda sebaiknya memilih mobil yang memiliki riwayat servis di bengkel resmi. Mobil yang diservis di tempat resmi cenderung memiliki kondisi yang masih baik jika dibandingkan mobil yang tidak diservis di bengkel tidak resmi. 

    4. Periksa Mesin dan Interior Mobil

    Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu saatnya Anda memeriksa kondisi mesin dan bagian interior untuk mengetahui kondisi mobil. Untuk pemeriksaan mesin bisa dilakukan dengan menyalakan mobil dan membuka kap mesin. Pastikan jika semua komponen lengkap dan suara mobil terdengar baik.